Tahukah Kamu, 17 Mei Hari Buku Nasional, Begini Sejarahnya

Ilustrasi: Tips membaca buku agar maksimal. (Ist.)
Ilustrasi: Membaca dan merawat koleksi buku agar maksimal. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tepat 17 Mei 2002, pertama kalinya diperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas). Sementara Hari Buku Sedunia diperingati setiap 23 April.

Lalu, bagaimana sejarah di balik peringatan Hari Buku Nasional?

BACA JUGA:

Hari Buku Nasional merupakan perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Peringatan Hari Buku Nasional dimulai sejak 2002. Menteri Pendidikan kala itu, Abdul Malik Fadjar, adalah orang yang pertama kali mencetuskan hari peringatan tersebut.

Tanggal 17 Mei dipilih dengan dasar yang jelas. Penetapan Harbuknas kala itu didasarkan dengan momentum hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Kala itu Abdul Malik Fadjar mengatakan, Indonesia masih terjebak pada tradisi lisan dan sedikit membaca. Ide peringatan Hari Buku digagas masyarakat perbukuan.

Tujuan peringatan Hari Buku Nasional untuk memacu minat baca masyarakat Indonesia sekaligus menaikkan penjualan buku. “Kami ingin agar peringatan Hari Buku seperti Valentine’s Day, di mana pada hari itu setiap orang memberi sebuah buku kepada orang lain,” kata Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arselan Harahap saat itu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*