Hari Perawat Internasional 12 Mei, Beginilah Fakta dan Sejarahnya

Sharing for Empowerment

Florence Nightingale lahir pada tanggal 12 Mei, sehingga peringatan Hari Perawat seluruh dunia ini memakai tanggal lahirnya. Perawat perempuan yang berasal dari Italia ini pada abad ke-18 memrakarsai standar keperawatan. Saat itu bersamaan dengan munculnya perang Krimea.

Florence Nightingale juga menulis buku tentang keperawatan yang diberi judul Notes on Nursing. Buku ini kemudian menjadi panduan sekolah keperawatan di seluruh dunia. Florence juga disebut sebagai perawat terbaik dalam sejarah.

Nama Florence diambil dari kota kelahirannya di Italia. Dia merupakan anak kedua dari dua bersaudara yang juga bagian dari klan Inggris. Keluarga Nightingale termasuk lingkaran elite di tempat asalnya. Frances Nightingale, ibu dari Florence, berasal dari keluarga pedagang yang kerap bersosialisasi dengan orang-orang kaya. Sedangkan William Edward Nightingale merupakan tuan tanah kaya yang memiliki perkebunan.

Florence yang terlahir di keluarga kaya dan berstatus sosial tinggi mendapat kesempatan untuk belajar bidang matematika, sejarah, dan bahasa. Kondisi lingkungan Florence yang bergelimang harta ternyata tidak menyurutkan keinginannya untuk bekerja sebagai perawat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*