Gejala Badai Sitokin, Dampak Pasca Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Sharing for Empowerment

Terjadi peningkatan respon imun yang tidak lazim pada penderita, tetapi belum diketahui penyebab pasti terjadinya peristiwa ini. Sebab peristiwa ini tidak terjadi pada semua orang.

Untuk penderita Covid-19, peristiwa ini dapat terjadi dengan cepat. Penderita Covid-19 yang mengalami badai sitokin biasanya mengalami gejala gemam dan sesak napas dan membutuhkan ventilator untuk bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar enam atau tujuh hari setelah munculnya penyakit.

Munculnya badai sitokin ini tidak dapat diuji begitu saja dengan tes darah biasa. Indikasi yang mudah ditengarai dari terjadinya badai ini adalah penderita tetap mengalami kesulitan bernapas meskipun telah menerima oksigen.

Peristiwa yang dapat menyebabkan kematian ini tidak hanya terjadi pada penderita Covid-19, tetapi juga pengidap flu dan penyakit pernapasan lainnya. Badai sitokin juga memiliki kaitan erat dengan penyakit non-infeksi seperti multiple scleroris dan pankreatitis. Fenomena ini lebih dikenal setelah wabah virus flu burung H5N1 pada tahun 2005.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*