Waspada! Inilah Profil Roket Luar Angkasa China yang Jatuh Menimpa Bumi

Sharing for Empowerment

Terdapat 34.000 objek berdiameter minimal 10 cm yang mengelilingi bumi sejak tahun 1957 itu, demikian perkiraan yang disampaikan oleh NASA.

Jatuhnya roket Long March 5B ini juga sudah diprediksi. Melalui prediksi ini pun, pemerintah China juga tidak tinggal diam dalam meredam kekhawatiran masyarakat dengan memberikan pernyataan bahwa roket ini kemungkinan besar akan jatuh di tanah yang tidak berpenghuni.

Seperti diketahui, sejak 30 tahun lalu tidak ada benda buatan manusia yang beratnya melebihi 10 ton yang dibiarkan di orbit untuk jatuh kembali ke bumi tanpa kendali. Akan tetapi, untuk roket luar angkasa yang diperkirakan akan jatuh ini terjadi akibat tidak adanya kendali. Dimensi roket Long March 5B yang bergerak dengan kecepatan 27.600 km/jam adalah lima meter dengan panjang 30 meter.

Puing dan serpihan roket Long March 5B ini diperkirakan akan sampai ke dataran bumi pada Sabtu malam (08/5) atau Minggu dini hari (09/5). Meskipun pemerintah China menyampaikan bahwa pecahan roket yang terbakar tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan, masyarakat perlu waspada karena puing dan serpihan yang dimaksud tidak terkendali arahnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*