Yuk, Mengenal Jurusan Biokimia Beserta Alasan Memilihnya

Dosen dan Peneliti Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM, Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D.,
Dosen dan Peneliti Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM, Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D., (Foto: UGM)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah kimia pasti sudah biasa kita dengar. Kimia merupakan bagian dari ilmu sains yang terus berkembang untuk kesejahteraan manusia. Sedangkan biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang biasnya berada di bawah naungan ilmu kedokteran.

Biokimia tidak hanya disebut sebagai bagian dari MIPA sebab jurusan ini banyak berhuhubungan dengan proses reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup.

BACA JUGA:

Jurusan biokimia mempelajari molekul yang berperan dalam pendukung metabolisme makhluk hidup dalam bentuk penelitian. Kelak saat mengambil jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana memecah biomolekul yang berkaitan dengan perhitungan protein, karbohidrat, asam nukleat, dan lipid atau lemak.

Dalam jurusan biokimia ada tiga bidang konsentrasi yang dapat dipelajari yakni biomolekuler, metabolisme, dan bioanalisis. Syarat mudah memilih jurusan ini adalah kamu harus mempunyai sikap teliti dan kritis, senang melakukan riset serta menganalisisnya, dan bersemangat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*