Inilah Makna dan Ucapan Selamat Hari Raya Galungan, 14 April 2021

Ilustrasi: Hari Raya Galungan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Raya Galungan. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Raya Galungan diperingati umat Hindu pada hari ini, Rabu, 14 Apri. Hari Galungan merupakan hari saat umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya.

Galungan juga dipakai untuk merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Sebagai ucapan syukur, umat Hindu melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara.

BACA JUGA:

Hari raya Galungan dirayakan umat Hindu setiap 6 bulan Bali (210 hari) yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Perayaan Galungan identik dengan penjor atau bambu yang dihias dengan daun kelapa muda, yang dipasang di tepi jalan.

Galungan berbeda dengan hari Kuningan. Kuningan dirayakan 10 raya setelah Galungan.Hari raya Kuningan akan dirayakan umat Hindu pada 24 April mendatang.

Nah, berikut ucapan Hari Raya Galungan:

  1. Selamat Hari Raya Galungan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada kita sekalian dalam pengabdian kita sesuai dengan swadharma masing-masing.
  2. Selamat Hari Raya Galungan 2021. Mari merayakan kemenangan dharma melawan adharma dengan kedamaian.
  3. Rahajeng Rahina Galungan. Dumogi sareng sami manggih kerahayuan.
  4. Rahajeng Rahina Galungan. Mari ciptakan Dharma di hati demi tercapainya kedamaian dalam diri.
  5. Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga Dharma menang atas Adharma
  6. Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Tuhan selalu memberikan anugerah kepada kita semua
  7. Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan. (Selamat menyambut hari raya alam semesta Galungan dan Kuningan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)
  8. Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan. (Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)
  9. Ngelawar bangkung di Ceningan, Rahajeng Galungan lan Kuningan. Baju baru lengan dawa, semoga setata sehat lan bagia. Banten saeban di pura, nenten wenten malih sinampure. (Ngelawar babi di Ceningan. Selamat Galungan dan Kuningan. Baju baru lengan panjang, semoga tetap sehat dan bahagia. Banten saeban di pura, tidak ada lagi permohonan maaf)
  10. Majeng ring semeton umat Se-Dharma maka sareng sami. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan. (Kepada para kerabat Se-Dharma semuanya. Selamat haru raya Galungan dan Kuningan. Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita bisa menemukan kerahayuan)

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*