Hari Buku Sedunia 23 April, Jenis Buku Pendidikan Ini Harus Diketahui Pelajar

Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19
Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tanggal 23 April akan diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Buku dan pelajar merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pelajar selalu identik dengan buku. Sedangkan buku juga identik dengan pembelajar. Sebagai pelajar dan mahasiswa, kamu perlu tahu jenis buku pendidikan yang sesuai.

Berikut ini adalah empat jenis buku pendidikan pegangan standar RISTEKDIKTI yang harus diketahui oleh pelajar dan mahasiswa.

BACA JUGA:

Buku Ajar Teks

Buku ajar merupakan unsur penting dalam pembelajaran. Setiap dosen dan guru membutuhkan buku ajar untuk membantu menyampaikan materi pelajaran kepada pelajar dan mahasiswa. Sebaliknya, pelajar dan mahasiswa juga membutuhkan keberadaan buku ajar agar mampu menangkap penjelasan dari pengajar lebih optimal.

Buku ajar teks sering juga disebut sebagai buku materi, buku teks, buku paket atau bahkan ada juga yang menyebutnya buku panduan pelajar. Buku ajar teks ini ada yang disusun oleh dosen atau guru pengajarnya sendiri. Dosen dan guru yang menulis buku ajar yang diterbitkan secara resmi dan memiliki ISBN (International Standart Books Number) akan mendapat poin tambahan untuk sertifikasi dan kenaikan jabatan fungsional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*