Biokimia, Inilah Sejarah Perkembangan dan Prospek Kerja Cerahnya

Emmanuelle Charpentier dan Jennifer Doudna
Peraih Nobel Kimia 2020, Emmanuelle Charpentier dan Jennifer Doudna (Foto:fpa)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan biokimia yang merupakan jurusan baru gabungan dari ilmu kimia dan biologi. Istilah ini diperkenalkan oleh Karl Neuberg, seorang ahli kimia asal Jerman tahun 1903. Karl Neuberg mengungkap penelitian Karl Wilhelm Scheele dari Swedia tentang susunan kimia jaringan pada hewan dan tumbuhan.

Karl Neuberg dan Karl Wilhelm Scheele menyampaikan isolasi asam oksalat, asam laktat, asam sitrat, serta ester dan kasein dari sejumlah bahan yang ditemukan dari alam.

Biokimia berasal dari bahasa Yunani, yakni bio, yang artinya hidup,  dan chemis, yang berarti kimia. Biokimia dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari berbagai dasar kimia dan reaksi kimia kehidupan serta interaksi molekul dalam sel makhluk hidup.

BACA JUGA:

Fredrich Wohler, seorang ahli kimia dari Jerman,  pada awal abad ke-19 menjadikan biokimia sebagai sebuah bidang studi. Wohler membuat sebuah penelitian yang mengungkap keberadaan urea dalam urin manusia. Urea merupakan campuran antara alkali sianat yang dipanaskan dan ditambah dengan garam amonium. Urea ini merupakan zat buatan yang dapat dibuat di laboratorium.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*