Dubes Uni Eropa: Inilah Manfaat Belajar di Eropa, Tak Melulu Soal Akademis

Sharing for Empowerment

Namun, perjumpaan dengan penduduk lokal, akan membuat pelajar asal Indonesia yang belajar di Eropa untuk belajar bahasa di mana ia kuliah. Interaksi dengan penduduk lokal tentu akan sangat memperkaya pengalaman budaya pelajar dari Indonesia.

Di samping itu, kata Vincent, kota-kota di Eropa memiliki sejarah yang panjang. Kota-kota itu juga memiliki warisan budaya yang bernilai tinggi. Perjumpaan dengan warisan budaya ini, tentu juga akan sangat bermanfaat bagi pelajar dari Indonesia.

Keuntungan yang lain, jarak antarkota di Eropa amat dekat. Misal, pelajar yang belajar di Belgia, dalam waktu 30 menit sudah bisa berada di Belanda, atau dalam 45 menit sudah berada di Perancis.

“Pengalaman perjumpaan dengan budaya ini tentu akan sangat bermanfaat ketika pelajar tersebut kembali ke Indonesia,” tegas Vincent.

Selama ini, Uni Eropa dan Indonesia telah menjalin kerja sama, meliputi pendidikan, teknologi, inovasi, dan bidang yang lain. Dalam bidang pendidikan, ada sekira 1200 skema beasiswa di kampus-kampus Eropa bagi pelajar di Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*