Solusi “Merdeka Belajar” di Masa Pandemi

Sharing for Empowerment

Pada sistem merdeka belajar diberikan kebebasan berinovasi dengan para siswa dan dapat lebih nyaman dalam menyikapi hidup, tindakan, keputusan, dan pendekatan terhadap segala jenis pengetahuan yang didasari dengan penuh kegembiraan. Termasuk bebas dan merdeka dalam menggunakan semua media pembelajaran. Baik media cetak yaitu; buku, modul, LKS. Maupun media elektronik yaitu, video, audio, presentasi multimedia, dan juga bisa menggunakan konten daring atau online.

Media pembelajaran tersebut memenuhi kecenderungan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 yang disebut oleh Peter Fisk. Kemudian akselerasi terhadap penuntasan kompetensi utama dalam pembelajaran yaitu literasi baru dapat dipenuhi segera.

Kemudian dalam metode blended learning tetap dapat membangun pendidikan karakter. Artinya, selain mewujudkan siswa atau peserta didik yang mampu berpikir kritis atau memecahkan masalah secara kreatif , inovatif, komunikatif, berkolaborasi, dan berkarakter. Namun juga dapat mewujudkan siswa dan peserta didik yang jujur, relegius, kerja keras, tekun, tanggung  jawab, adil, disiplin, dan toleran.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*