Solusi “Merdeka Belajar” di Masa Pandemi

Sharing for Empowerment

Sementara itu, para guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pengajaran nanti tidak perlu mengadakan perjalanan menuju sekolah, elearning bisa dilakukan dari mana saja baik yang memiliki akses ke internet ataupun tidak. E-learning memberikan kesempatan bagi guru-guru dan siswa atau peserta didik secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan tujuan pendidikan.

Siswa atau peserta didik bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia pahami, pembelajar bisa menghubungi guru melalui email, chat atau ikut dialog interaktif pada waktu-waktu tertentu. Bisa juga membaca hasil pelajaran di message board yang tersedia di LMS (Learning Management System) yang akan dibuat dalam sistem e-learning.

Selain itu, metode blended learning akan mempercepat terjadinya perubahan sosial dan budaya dalam sistem pendidikan. Karena metode pembelajaran ini akan memenuhi kebutuhan pada pengajaran di era Revolusi Industri 4.0. Pada metode blended learning juga akan mentrasformasi pendidikan melalui cara-cara baru atau suatu perbaikan dalam lingkungan  masyarakat yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan di dunia pendidikan. Contohnya, guru dapat berperan membangun generasi berkompetensi, berkarakter, memiliki kemampuan literasi baru, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*