Solusi “Merdeka Belajar” di Masa Pandemi

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Melihat fenomena ini pemerintah seharusnya juga segera menyiapkan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk para siswa agar proses “merdeka belajar” di sekolah bisa terus berjalan. Salah satu solusi metode pembelajaran yang terbaik dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) daiam masa pandemi ini dan tidak menjenuhkan yaitu blended learning.

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang digunakan dalam sistem pendidikan merdeka belajar. Menerapkan konsep cara belajar yang aktif, inovatif, dan nyaman akan sesuai kebutuhan zaman atau era industri 4.0.

Manfaat dari penggunaan e-learning dan juga blended learning dalam dunia pendidikan saat ini adalah memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran.

Menurut penelitian Semler (2005) “Blended learning combines the best aspects of online learning, structured face-to-face activities, and real world practice. Online learning systems, classroom training, and on-the-job experience have major drawbacks by themselves. The blended learning approach uses the strengths of each to counter the others’ weaknesses.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*