Ini Lho Peluang Karir Baru untuk Lulusan Teknik Industri

Para mahasiswi Politeknik Negeri Semarang
Para mahasiswi Politeknik Negeri Semarang (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lulusan teknik industri sudah terkenal banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Sesuai dengan namanya, lulusan teknik industri banyak diserap oleh beragam industri. Jurusan teknik industri banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi. Hal ini membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk mendaftar.

Pasti kamu sudah mengetahui prospek kerja bila ingin mendaftar jurusan ini. Namun, inilah peluang karir baru untuk lulusan teknik industri yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar.

BACA JUGA:

Simak yuk, peluang karir baru untuk lulusan teknik industri yang terbuka untukmu kelak kalau sudah lulus.

SCM Konsultan

Supply Chain Management bekerja untuk membantu perusahaan menyempurnakan rantai pasokan dalam hal biaya, keandalan, efiensi, ketangkasan, dan ketangguhan. Posisi ini biasanya bekerja di industry manufaktur yang bertanggungjawab dalam pemantauan inventaris dan aliran pasokan bahan, serta berhubungan dengan vendor dan pemasok, berkoordinasi dengan berbagai departemen dalam pengumpulan data.

Posisi SCM Management juga penting dalam membuat dan melakukan rekomendasi rencana bisnis dengan tetap mematuhi kebijakan dan peraturan dari perusahaan.

Demand Planner

Lulusan teknik industri cocok juga untuk karier sebagai demand planner. Demand planner mempunyai peran yang sangat penting dalam memainkan peran yang penting dalam sebuah pasokan perusahaan.

Tugas seorang demand planner adalah merencanakan aliran inventaris, melakukan analisis data statistic, dan menghasilkan suatu solusi peramalan untuk mengambil suatu keputusan.

Production Engineer

Tanggung jawab seorang production engineer adalah di bagian perancangan yang tepat tentang proses produksi yang akan dilaksanakan di sebuah perusahaan. Misalnya tentang mesin yang akan dibuat dan bagaimana proses produksi itu dibuat secara efisien dan aman. Seorang production engineer harus memastikan semua produk dan prosesnya berjalan dengan baik.

Seorang production engineer akan menggunakan data analisis, data pemasaran, dan data penjualan untuk memprediksi permintaan produk di masa yang akan datang dengan efektif.

Facility Engineer

Facility engineer bertanggung jawab dalam merencanakan, meninjau, melaksanakan, serta memelihara infrastruktur atau suatu fasilitas maupun peralatan gedung. Tugasnya akan melakukan analisis proses professional, melakukan alokasi sumber daya, penggunaan dari energi, dan proses keselamatan serta menerapkan perbaikan.

Seorang facility engineer dapat beekrja di dalam gedung maupun di lapangan secara langsung, tergantung dari sifat proyeknya.

Data Scientist

Data merupakan hal yang krusial di era kini. Kehadiran data scientist sangat diperlukan dalam rset pasar dan bisnis untuk mengetahui sebuah tren dan peluang dalam suatu bisnis yang menjanjikan. Data scientist bertugas dan bertanggungjawab dalam membersihkan memproses, dan mengolah berbagai macam data yang dikumpulkan.

Peluang karir baru untuk lulusan jurusan teknik industri sangat terbuka. Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*