Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Akui Langgar Rekomendasi KPAI

Sharing for Empowerment

Sementara, untuk mobilitas murid, Disdik DKI masih mengandalkan orangtua untuk berinisiatif menjemput anaknya dengan kendaraan sendiri. Namun, bagi orangtua tidak memiliki kendaraan, Pemprov DKI Jakarta menyediakan bus antar jemput.

Sementara, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menegaskan, bahwa PTM di jenjang PAUD, TK, dan SD kelas 1-3 sangat tidak tepat.

“Hak anak yang pertama, hak hidup. Kedua, hak sehat. Ketiga, hak pendidikan. Sepanjang belum aman, biarlah tetap sehat dan tetap hidup. Ketertinggalan bisa dikejar, kalau kita penuhi hak pendidikannya,” tegas Retno.

Apalagi menurutnya, 14% kasus anak sekolah terpapar Covid-19 di Indonesia tergolong tinggi. Bahkan, ada yang menyebutkan angka kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi di kawasan Asia Pasifik.

“Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) punya data itu. Indonesia untuk kasus anak Asia-Pasifik di angka tertinggi. Italia itu meskipun banyak, tetapi tidak ada satu anak pun meninggal dunia karena Covid-19,” kata Retno.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*