Hari Malaria Sedunia 25 April, Ternyata Sejarahnya dari Afrika

Sharing for Empowerment

Di Indonesia terdapat dua jenis parasit Plasmodiaum falciparum dan Plasmodium vivax yang ditularkan melalui nyamuk. Gejala yang dapat dikenali dari penyakit malaria ini sering muncul sekitar satu hingga dua pekan setelah terinfeksi. Bahkan ada juga kasus yang baru menunjukkan gejala setelah satu tahun dari gigitan nyamuknya meskipun jarang terjadi.

Gejala umum malaria yang dapat dikenali awam adalah demam, berkeringat hingga menggigil atau kedinginan, muntah-muntah, sakit kepala, nyeri otot, dan diare. Bila menemukan gejala seperti itu setelah bepergian dari daerah endemik seperti daerah Papua dan Nusa Tenggara, kamu harus segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Malaria dapat didiagnosis dengan mudah melalui tes darah sederhana di laboratorium.

Bila malaria terjadi pada seorang ibu hamil, bayi, anak kecil, dan orang tua, maka dampaknya akan buruk. Malaria berpotensi membuat ketahanan tubuhan menurun secara cepat. Penanganan yang lebih cepat dan tepat akan membuat proses penyembuhan lebih optimal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*