Hari Buku Sedunia 23 April, Jenis Buku Pendidikan Ini Harus Diketahui Pelajar

Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19
Penjulan buku terlihat sepi di masa pandemi Covid-19 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tanggal 23 April akan diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Buku dan pelajar merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pelajar selalu identik dengan buku. Sedangkan buku juga identik dengan pembelajar. Sebagai pelajar dan mahasiswa, kamu perlu tahu jenis buku pendidikan yang sesuai.

Berikut ini adalah empat jenis buku pendidikan pegangan standar RISTEKDIKTI yang harus diketahui oleh pelajar dan mahasiswa.

BACA JUGA:

Buku Ajar Teks

Buku ajar merupakan unsur penting dalam pembelajaran. Setiap dosen dan guru membutuhkan buku ajar untuk membantu menyampaikan materi pelajaran kepada pelajar dan mahasiswa. Sebaliknya, pelajar dan mahasiswa juga membutuhkan keberadaan buku ajar agar mampu menangkap penjelasan dari pengajar lebih optimal.

Buku ajar teks sering juga disebut sebagai buku materi, buku teks, buku paket atau bahkan ada juga yang menyebutnya buku panduan pelajar. Buku ajar teks ini ada yang disusun oleh dosen atau guru pengajarnya sendiri. Dosen dan guru yang menulis buku ajar yang diterbitkan secara resmi dan memiliki ISBN (International Standart Books Number) akan mendapat poin tambahan untuk sertifikasi dan kenaikan jabatan fungsional.

Buku Referensi

Jenis buku pendidikan kedua adalah buku referensi. Buku referensi merupakan buku yang berisi tentang tulisan atau media yang membahas tentang fakta terkait satu bidang ilmu pengetahuan tertentu. Dengan kata lain buku referensi adalah buku yang memuat informasi ringkas dan padat semacam ensiklipedia, kamus, atlas, dan jenis buku pedoman lainnya.

Salah satu ciri buku referensi adalah bentuknya yang memuat informasi yang mudah ditemukan agar pencarian data lebih efisien. Kualitas buku referensi tidak ditentukan oleh penulisannya, tetapi ditentukan oleh jumlah data dan referensi yang lengkap.

Buku Diktat

Buku Diktat juga merupakan jenis buku pendidikan yang dapat dijadikan pegangan untuk belajar. Buku Diktat adalah bahan ajar sebuah matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar mata kuliah tersebut. Buku diktat disusun sesuai dengan kaidah tulisan ilmiah yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Lingkup cakupan dari buku diktat ini hanya seputar kelas atau lingkungan sekolah dan kampus. LKS atau BKS  (Lembar/Buku Kerja Siswa) merupakan salah satu jenis buku diktat yang banyak dikenal sehari-hari.

Modul

Selain buku ajar teks, referensi, dan buku diktat terdapat juga modul. Modul pembelajaran  merupakan buku pegangan untuk satuan yang lebih kecil. Modul merupakan buku pegangan yang dapat dipelajari secara mandiri oleh pelajar baik sendiri maupun kelompok. Modul merupakan buku pegangan yang disusun secara sistematis dan menarik dengan cakupan materi yang sesuai kurikulum.

Di dalam modul juga terdapat metode dan evaluasi yang dapat dipakai secara mandiri. Modul merupakan pegangan paling sesuai bagi pelajar yang ingin menambah pemahaman secara mandiri di rumah tanpa harus bergantung pada pengajar.

Empat buku pendidikan tersebut di atas pasti sudah sering dijumpai sehari-hari di sekolah atau kampus, juga di perpustakaan. Meskipun ada jenis buku lain yang dapat dipakai sebagai bahan belajar, setidaknya pada peringatan Hari Buku Sedunia tahun ini, kamu satu langkah lebih tahu mengenai jenis buku pendidikan. Selamat Hari Buku Sedunia ya, Kawan!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*