Hari Buku Sedunia 2021, Inilah 10 Penulis Buku Terkenal Sepanjang Masa dari Indonesia dan Manca Negara

Sharing for Empowerment

Charles Dickens

Charles Dickens merupakan sastrawan besar dari Inggris. Selain menulis karya sastra dia juga merupakan kritikus social yang kerap memberikan kritiknya dalam karya sastra. Charles Dickens lahir pada 7 Februari 1812. Sejak tahun 1836 namanya makin dikenal. Karyanya yang terkenal adalah Oliver Twist, Bleak House, David Copperfield, dan A Christmas Carol.

William Faulkner

Salah satu sastrawan dan penulis asal Amerika Serikat yang mendapatkan penghargaan Nobel dari Oxford. William Faulkner lahir pada 25 September tahun 1897 dan meninggal pada 6 Juli 1962. Dia sangat terkenal dengan karyanya hingga kini, seperti Ketika Aku Beroperasi, The Sound and The Fury, dan banyak hal lainnya.

Ko Un                      

Dari namanya kita tahu bahwa Ko Un bukan berasal dari dunia barat seperti sastrawan terkenal lainnya. Ko Un merupakan penulis besar asal Korea yang memiliki fokus menulis tentang karya yang terkait dengan perang. Ko Un bukan hanya sebagai penyair dan sastrawan, namun ia juag merupakan biksu Buddha sekaligus aktivis demokrasi.

Ko Un lahir pada 1933 dan menyaksikan sendiri secara pribadi peperangan Korea pada saat itu. Tidak hanya menyaksikan, selama 10 tahun Ko Un juga diasingkan dan dalam masa pengasingannya Ko Un berhasil menulis volume puisinya yang pertama. Banyak karya Ko Un yang terkait pergerakan dan politik yang telah diterbitkan ke dalam bahasa Inggris.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*