Perjuangan Kartini Belum Usai, Indonesia Masih Butuh Banyak Perempuan Peneliti

Ilustrasi: Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (Ist.)
Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Emansipasi perempuan yang diperjuangkan R.A Kartini membuka lebar kesempatan yang setara bagi perempuan untuk dapat mengenyam pendidikan. Perempuan dapat menjadi apapun sesuai dengan minat dan talentanya, termasuk menjadi peneliti.

“Ibu Kartini telah menunjukkan bahwa perempuan setara dengan laki laki. Jika perempuan bertekad untuk melakukan sesuatu maka pasti bisa merealisasikannya,” ujar Dwi Listyo Rahayu, Peneliti Bio Industri Laut LIPI. Sebagai perempuan peneliti riset kelautan, Listyo Rahayu telah berhasil menemukan banyak spesies biota dari laut Indonesia.

BACA JUGA:

Sementara, Kurniawati Hastuti Dewi, pakar gender dan politik Pusat Penelitian Politik LIPI mengatakan, “Perjuangan R.A. Kartini melalui surat-suratnya yang sangat potensial menjadi Memory of the World dalam bidang kesetaraan gender, sebenarnya mengajarkan bahwa perempuan harus memiliki ‘sensitifitas gender’ yang kemudian diikuti dengan ‘aksi’ untuk membuat perubahan di sekelilingnya, ke arah lebih baik.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*