Ingin Daya Tahan Tubuh Tetap Terjaga Saat Puasa? Ini Tip dari Dosen Unpas

Sharing for Empowerment

Lebih lanjut dia menjelaskan, “saat buka puasa juga jangan kalap, hindari makanan dengan kandungan gula kompleks, misalnya kolak, atau jus buah yang sudah dicampur susu dan gula.”

Makanan manis yang dikonsumsi berlebihan saat berbuka memberikan beban lebih banyak ke pencernaan, terlebih dalam keadaan perut kosong.

Pencernaan yang seharusnya istirahat justru dipaksa mencerna makanan dan kapasitas oksigen di otak juga tidak tercukupi.

Hindari berbuka dengan makanan pedas dan berminyak

Jangan langsung menyantap gorengan saat berbuka puasa, sebab akan menghambat pencernaan dan mengikat hampir 20 persen oksigen. Sedangkan otak memerlukan oksigen agar tubuh menjadi segar dan tidak cepat mengantuk, terutama saat melaksanakan ibadah tarawih.

“Makanan pedas juga sebaiknya dihindari. Di samping beban ke pencernaan, lemak juga sulit terbakar. Selain itu, makanan pedas berpotensi menyebabkan diare, lalu kita bisa kehilangan banyak cairan,” tambahnya.

Jangan minum kopi saat sahur dan penuhi kebutuhan air putih

Pastikan kebutuhan air putih minimal 8 gelas per hari terpenuhi. Dalam jangka waktu mulai dari berbuka puasa hingga sahur, air putih yang diminum harus cukup, sehingga tidak dehidrasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*