Hari Hemofilia Sedunia 17 April, Begini Sejarahnya dan Tema Tahun Ini

Peringatan Hemofilia Sedunia
Ilustrasi: laboratorium darah (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tanggal 17 April diperingati sebagai Hari Hemofilia Sedunia. Hemofilia merupakan sebuah kelainan genetik pada darah yang disebabkan karena kekurangan faktor pembekuan darah. Penyakit ini memang belum terlalu familiar namanya di masyarakat. Oleh karenya peringatan Hari Hemofilia Sedunia ini menjadi pengingat untuk masyarakat.

Hari hemophilia sedunia yang diperingati 17 April ini awalnya digagas oleh Federasi Hemofilia Dunia atau The World Federation of Hemophilia (WFH). Federasi ini berdiri sejak 1963 dan diakui secara resmi oleh World Health Organization (WHO).

BACA JUGA:

Peringatan Hari Hemofilia ini diciptakan untuk memberikan kesadaran yang tentang penyakit ini. WFH yang didirikan oleh Frank Schnabel pada tanggal 17 April kemudian dipilih sebagai peringatan hari Hemofilia. Frank Schnabel jua penderita hemophilia yang parah.

Istilah hemofilia sendiri mulai dikenal sejak tahun 1828 melalui ysng dibuat oleh Hopff di Universitas Zurich. Istilah ini mulai dikenalkan pertama kali oleh dokter berkebangsaan Jerman, Johann Lukas Schonlein (1793-1864). Dia merupakan seorang guru besar kedokteran di tiga universitas besar yakni Wurzburg, Zurich, Berlin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*