15 Ucapan Selamat Hari Buku Sedunia dengan Kutipan Penuh Makna dari Tokoh-tokoh Ternama Dalam Negeri

Hari Buku Anak Sedunia di Rumah Baca Komunitas Merapi
Hari Buku Anak Sedunia di Rumah Baca Komunitas Merapi (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Buku Sedunia atau World Book Day diperingati setiap 23 April. Tahun ini, Hari Buku Sedunia jatuh pada Jumat, 23 April 2021.

Sejarah World Book Day bermula ketika United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan hari penting ini pada 23 April 1995. Tanggal ini dipilih lantaran peringatan wafatnya William Shakespeare dan penulis Spanyol terkemuka, Inca Garcilaso de la Vega.

BACA JUGA:

Sebelumnya, ada beberapa gagasan penetapan Hari Buku Sedunia. Mula-mula, seorang penulis bernama Valencia Vicente Clavel Andrés mengusulkan agar Hari Buku Sedunia haruslah pada hari yang dihormati oleh penulis Miguel de Cervantes, seorang novelis, penyair dari Spanyol.

Itu berarti bisa pada hari ulang tahunnya, 7 Oktober, atau hari kematiannya, 23 April. Karena hari kematiannya bertepatan dengan tanggal di mana William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega juga meninggal, maka 23 April terpilih sebagai Hari Buku Sedunia.

Dan ternyata, pada tanggal yang sama juga terdapat beberapa penulis terkenal meninggal, seperti William Wordsworth dan David Halberstam.

Nah, untuk memeriahkan Hari Buku Sedunia, tak ada salahnya mengirimkan ucapan inspiratif untuk memotivasi orang-orang dekat kita. Berikut ini 15 ucapan Selamat Hari Buku Sedunia inspiratif dari tokoh ternama dalam negeri:

  1. “Apa guna punya ilmu tinggi kalau hanya untuk mengibuli, apa guna banyak baca buku kalau mulut kau bungkam melulu.”- Wiji Thukul. Selamat Hari Buku Sedunia.
  2. “Buku yang kau tulis adalah semacam jejak yang terus menyala di dunia, dan bisa menjadi cahaya akhiratmu.” – Helvy Tiana Rosa. Selamat Hari Buku Sedunia.
  3. “Selamat Hari Buku Nasional. Perbanyak membaca buku, agar pertanyaan “bagaimana cara menulis” tidak perlu lagi ada” – Fiersa Besari. Selamat Hari Buku Sedunia.
  4. Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta! Selamat Hari Buku” – Najwa Shihab. Selamat Hari Buku Sedunia.
  5. “Selamat ulang tahun, buku. Anggap saja aku kekasih atau pacar naasmu. Panjang umur, cetak-ulang selalu!” – Joko Pinurbo. Selamat Hari Buku Sedunia.
  6. “Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.” – Buya Hamka. Selamat Hari Buku Sedunia.
  7. “Berikanlah hadiah sebuah buku kepada seseorang yang amat kau hargai.” – Tere Liye. Selamat Hari Buku Sedunia.
  8. “Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” – Mohammad Hatta. Selamat Hari Buku Sedunia.
  9. “Selamat hari buku sedunia, teman-teman! Jangan lupa ya, bukunya boleh dikoleksi dan difoto-foto, tapi juga harus dibaca. Hidup buku! hidup para pembaca!” – Bernard Batubara. Selamat Hari Buku Sedunia.
  10. “Selama toko buku ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi.” – Tan Malaka. Selamat Hari Buku Sedunia.
  11. “Toko buku itu bukti nyata bahwa keberagaman selera bisa kumpul di bawah satu atap tanpa harus saling mencela.” – Ika Natassa. Selamat Hari Buku Sedunia.
  12. “Carilah buku yang Anda suka. Tulislah sebagaimana Anda ingin membaca buku yang disuka.” – Dewi Lestari. Selamat Hari Buku Sedunia.
  13. “Saya ini enggak punya pacar. Teman main saya cuma buku dan bola” – Gus Dur. Selamat Hari Buku Sedunia.
  14. “Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang menyejarah. Namun bagaimana kita bisa tahu sejarah, jika kita tidak membaca? Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang tidak sempit dan berani menjelajah. Namun bagaimana kita tahu akan yang luas, dan inspirasi untuk penjelajahan, jika kita tidak membaca?” – Sindhunata. Selamat Hari Buku Sedunia.
  15. “Jika saja hati itu seperti buku terbuka, betapa indahnya membaca dan menuliskan cinta, untukmu.” – Moammar Emka. Selamat Hari Buku Sedunia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*