Bahasa Indonesia Kian Diminati Penutur Asing, Kemendikbud Buka Kelas Virtual

Sharing for Empowerment

Sementara, Dirjen Hilmar menyambut baik program kelas virtual ini. Hilmar juga menyebut adanya program virtual belajar Sinden Langgam Jawa dan Tari Jaipong.

“Ini semua memperlihatkan bahwa kebudayaan merupakan sarana komunikasi yang efektif dan merupakan jembatan hubungan antarbangsa,” ujar Hilmar.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz menyampaikan bahwa sebelumnya Kemendikbud hanya memiliki program Darmasiswa. “Tetapi kini Kemendikbud melalui Badan Bahasa memiliki dua program beasiswa untuk siapa pun yang berminat mempelajari bahasa Indonesia, yaitu BIPA Scholarship dan BIPA Teaching Fellowship,” jelas Aminudin.

BIPA Scholarship diperuntukkan pemelajar bahasa Indonesia di Indonesia selama satu tahun, sedangkan BIPA Teaching Fellowship diperuntukkan bagi siapa pun yang ingin menjadi pengajar bahasa Indonesia di negaranya selama satu tahun enam bulan.

“Satu tahun untuk meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia dan enam bulan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pengajaran,” imbuh Aminudin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*