Mengenal Perbedaan Jurusan Geografi dan Geologi, Yuk

Kelabba_maja
Pemandangan Kelabba Maja yang dijuluki Grand Canyonynya Indonesia (KalderaNews.com/geomagz.geologi.esdm.go.id)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kedua jurusan dengan nama yang mirip ini sering membuat bingung. Kemiripan istilah geografi dan geologi juga membuat pelajar SMA yang ingin mendaftar kuliah di kedua jurusan ini kebingungan. Bila telah mengenal perbedaan jurusan geografi dan geologi ini pasti kamu pasti tidak akan bingung lagi memilih jurusan kuliah yang tepat.

Yuk, kita kulik sejenak apa perbedaan kedua jurusan ilmu bumi ini.

Perbedaan jurusan geografi dan geologi dimulai dari memahami istilahnya. Geografi merupakan ilmu yang mempelajari kondisi permukaan bumi. Laut, lembah, gunung, dataran, dan lain-lain termasuk yang dipelajari dalam jurusan ini.

BACA JUGA:

Di dalam jurusan geografi juga mempelajari tentang klasifikasi permukaan bumi, faktor kepadatan penduduk, sebaran vegetasi, industri, dan tata guna lahan.

Sedangkan geologi adalah bidang ilmu bumi yang mempelajari kondisi bumi yang di dalam. Jurusan geologi akan mempelajari tentang sejarah kondisi fisik bumi, proses kimiawi dan biologi yang menyertai proses pembentukan bumi serta fenomena yang sedang dan akan terjadi di dalam bumi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*