Ekosistem Digital Asuransi Cegah Badai Finansial Jangka Panjang

Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Hastanto Sri Margi Widodo
Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Hastanto Sri Margi Widodo (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Stroke dan pneumonia tak hanya menyebabkan kematian, tetapi juga mendatangkan beban finansial yang signifikan. Sayangnya, kesadaran maupun akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan preventif yang dapat melindungi dari risiko beban finansial jangka panjang di masa depan masih terbilang rendah.

Managing Director American Chamber of Commerce (AmCham) Indonesia, A. Lin Neumann dalam keterangan persnya menegaskan anggaran mandiri untuk pelayanan kesehatan preventif sering dianggap sebagai pengeluaran tambahan yang tidak mendesak. Di sisi lain, pemanfaatan asuransi untuk mengakses layanan kesehatan preventif belum banyak.

Di acara Healthcare Access Summit 2021 ia menjelaskan dari sisi penyedia asuransi, keterbatasan tersebut antara lain disebabkan oleh kebingungan menentukan harga premi yang tepat untuk menjamin pelayanan kesehatan preventif. Sementara, pemilik polis mungkin tidak memahami persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mengakses layanan kesehatan preventif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*