9 Jurusan Pilihan Kuliah Berikut Dapat Dipilih Bila Tidak Suka Matematika

Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Matematika memang masih menjadi satu pelajaran yang menakutkan bagi pelajar dan mahasiswa. Meskipun telah banyak tip dan trik yang dapat dipelajari dan diterapkan untuk menguasai matematika dengan mudah, pelajaran satu ini masih tampak masih menyebalkan. Hal ini menjadikan matematika dan ilmu turunannya bukan jurusan pilihan dalam melanjutkan pendidikan.

Padahal matematika merupakan pelajaran yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bila memang tidak tertarik untuk mempelajari matematika di perguruan tinggi, berikut adalah sembilan jurusan pilihan yang tidak lagi mempelajari matematika.

BACA JUGA:

Ilmu Sejarah

Jurusan sejarah merupakan jurusan yang mempelajari masa lalu. Di dalam mempelajari sejarah, kamu juga akan bertemu dengan angka-angka, tetapi bukan hitungan yang rumit. Angka yang dipelajari di dalam jurusan sejarah hanyalah seputar tahun-tahun peristiwa penting.untuk menghindari matematika yang rumit, jurusan ini adalah salah satu jurusan pilihan yang dapat diandalkan.

Ilmu Hukum

Jurusan ini banyak hafalan angka, tetapi hafalan angka tersebut tidak terkait dengan rumus matematika atau hitungan. Bila kamu tidak menyukai pelajaran matematika, jurusan ini memang sangat tepat untukmu.

Sastra dan Bahasa

Jurusan sastra selalu seputar bahasa. Sudah tentu jurusan satu ini jauh dari hitungan dan matematika. Di jurusan ini akan dipelajari segala hal yang terkait dengan ejaan, gaya bahasa, penulisan, tata bahasa, beragam karya sastra dan lain-lain. Mendaftar di jurusan sastra akan menjauhkanmu dari matematika selama masa kuliah.

Ilmu Filsafat

Ilmu filsafat merupakan jurusan yang sarat akan berpikir, tetapi bukan matematika. Di jurusan ini kamu akan mempelajari hal-hal seperti kehidupan manusia di dunia, pencipta alam semesta dan beragam pertanyaan yang terkait dengan hal tersebut.

Sosiologi

Bila semasa SMA kamu memilih jurusan IPS, maka jurusan sosiologi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di dalam jurusan ini kamu tidak akan mempelajari matematika karena di sana kelak akan mempelajari tentang ilmu sosiologi yang terkait dengan ekonomi, pembangunan, industri, gender dan lingkungan,

Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional merupakan jurusan yang mempelajari ilmu politik internasional dan terkait diplomat. Di jurusan ini  kamu akan mempelajari cara untuk berkomunikasi dengan baik untuk hubungan antar-negara. Jurusan hubungan internasional tidak mempelajari rumus matematika.

Ilmu Seni

Jurusan ilmu seni seperti seni rupa dan teater tidak mempelajari hitungan dan matemetika. Tetapi untuk seni musik dan tari masih terdapat hitungan yang terkait pembelajaran meskipun tidak menggunakan rumus yang rumit.  

Ilmu Komunikasi

Di jurusan ilmu komunikasi, kamu akan mempelajari tentang menulis berita, public speaking, membuat iklan, desain, fotografi, hubungan masyarakat, dan pelajaran lain. Kemampuan untuk mempelajari komunikasi secara personal dan massa dipelajari di jurusan ini.

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual atau yang sering disingkat dengan DKV merupakan jurusan yang mempelajari beragam desain. Di jurusan ini kamu akan belajar beragam cara untuk menyampaikan pesan melalui beragam media visual.

Sembilan jurusan tersebut di atas merupakan sebagian dari jurusan kuliah yang tidak perlu bersentuhan dengan matematika atau hitungan. Bila kamu memang tidak menghendaki ada pelajaran matematika atau hitungan semasa kuliah, kamu dapat memilih salah satu jurusan tersebut di atas.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*