Biokimia, Inilah Sejarah Perkembangan dan Prospek Kerja Cerahnya

Sharing for Empowerment

Perkembangan biokimia berikutnya ditandai dengan penemuan ilmuwan bersaudara Eduard dan Hans Buchner yang menjelaskan tentang sel ragi. Buchner bersaudara mengungkapkan bahwa sel ragi yang telah mati masih akan mampu menyebabkan proses fermentasi gula menjadi alkohol.

Buchner bersaudara memberikan pandangan baru dalam perkembangan ilmu biokimia yakni adanya kemungkinan dilakukannya analisis reaksi biokimia dan prosesnya. Penelitian ini membuktikan bahwa proses biokimia dapat dilakukan di laboratorium (in vitro) dan tidak perlu menggunakan organisme hidup (in vivo). Penelitian yang dilakukan Buchner bersaudara itu menjadi wawasan baru tentang terobosan biokatalis, yakni katalisator alami yang mempercepat reaksi biokimia.

Perkembangan biokimia tidak hanya dilakukan oleh para ahli kimia. Ilmuwan biologi juga menunjukkan perannya dalam perkembangan biokimia ini. Salah satunya adalah Robert Hooke pada awal ke-17 yang melakukan penelitian terhadap sel dengan menggunakan mikroskop.

Saat mikroskop electron telah ditemukan pada pertengahan abad ke-20, ini membantu para ilmuwan untuk mengungkap struktur sel. Ilmuwan biologi lain yang berkontribusi terhadap perkembangan ilmu biokimia adalah Gregor Mendel. Mendel mengemukakan teorinya tentang pewarisan sifat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*