Hari Kesehatan Sedunia 7 April, Inilah 6 Profesi Kesehatan Penting Selain Dokter

Sharing for Empowerment

Bila tahun lalu WHO mengajak masyarakat mendukung perawat dan bidan yang berada di garda terdepan pelayanan kesehatan semasa pandemi, sebenarnya ada profesi kesehatan lain yang tetap hits selain dua profesi tersebut.

Inilah profesi kesehatan selain dokter, perawat, dan bidan, yang terus dicari sepanjang masa.

Apoteker

Bila sejak masa sekolah kamu sudah menyukai pelajaran kimia dan biologi, profesi ini cocok buatmu. Apoteker bertugas meracik obat untuk pasien. Tidak hanya mencampur dan meracik, apoteker juga mengombinasi, menganalisis, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar pelayanan.

Prospek cerah profesi ini adalah dapat bekerja di perusahaan farmasi, pengobatan preventif, dan penelitian.

Radiografer

Radiografer adalah orang yang bekerja di bidang radiodiagnosis dan radioterapi. Mereka bekerja dengan menggunakan teknologi penyinaran seperti CT-scan, sinar-X, MRI untuk membantu dokter memberikan diagnosis bahkan kemudian berkembang sebagai pengobatan.

Ahli Gizi

Setidaknya dalam dua dekade belakangan ini, profesi ini mulai dilirik karena masyarakat mulai concern terhadap kesehatan melalui asupan gizi. Bila sebelumnya pengobatan penyakit hanya berfokus pada konsumsi obat, ahli gizi dapat melakukan terapi dan mendukung terapi dari sisi nutrisi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*