Jangan Sampai Jadi Klaster Baru, Begini 5 Rekomendasi KPAI Bila Sekolah Dibuka Kembali

Sharing for Empowerment

“Karena anak adalah peniru ulung, maka yang dilakukan gurunya cenderung di contoh, termasuk kedisiplinan menggunakan masker,” kata Retno.

Para guru juga harus sudah disuntik vaksin, terutama guru dan tenaga kependidikan yang usianya sudah lebih dari 45 tahun. Para guru juga wajib untuk melakukan pemetaan materi pembelajaran antara materi yang sulit dan mudah.

Orangtua harus siap

Orangtua siswa juga harus mendidik anak-anaknya untuk menggunakan masker, setidaknya empat jam tanpa di lepas, kecuali minum. “Dilatih 15 menit hari ini, lalu ditambah 5 menit lagi esok harinya, dan selanjutnya terus ditingkatkan setiap harinya,” ujar Retno.

Orang tua juga harus bekerja sama untuk memastikan anak-anaknya langsung pulang ke rumah, tidak mampir kemana-mana setelah usai PTM di sekolah. Jika perlu diantar dan dijemput. Begitu anak keluar dari lingkungan sekolah, maka harus menjadi tanggung jawab para orangtua.

“Selain itu, karena tidak ada kantin, para orang tua juga harus menyiapkan bekal makanan untuk anak-anaknya,” imbuh Retno.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*