Tingkatkan Imun Tubuh, Dosen Universitas Kristen Satya Wacana Membuat Permen Jelly Herbal

Sharing for Empowerment

Ada dua jenis permen herbal yang dihasilkan Dhanang beserta timnya, yaitu permen herbal dari bahan dasar Miana dan Sambiloto.

Menurut Dhanang proses pembuatan permen herbal ini diawali dengan ekstrasi mengeluarkan senyawa bioaktif dalam tumbuhan Miana dan Sambiloto.

Setelah itu dilakukan pemekatan dengan cara menambahkan bahan pengikat untuk mengentalkan cairan dan menyalut senyawa bioaktif agar tidak rusak saat pengolahan dan menutupi rasa pahit. 

“Permen herbal ini mengandung Saponin, Tanin dan Flavanoid, dimana zat tersebut bermanfaat sebagai antimikroba dan dan pemicu iminutas tubuh. Total kami memerlukan waktu dua hari untuk proses pembuatan permen ini karena membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk pengeringannya,” jelas Dhanang.

“Selain sudah diuji kandungan fitokimianya, kami juga sudah melakukan uji standar SNI antara lain untuk menguji kadar air dan kekenyalan sehingga dapat dikonsumsi,” lanjut dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tersebut.

Permen herbal ini juga sudah dibagikan ke beberapa dosen dan mahasiswa FKIK untuk tes rasa. Rencananya permen herbal ini akan dibagikan saat peringatan Paskah mendatang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*