Inilah Jenis Buku Anak untuk Referensi Pendidikan Karakter

Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tanggal 2 April yang diperingati sebagai Hari Buku Anak Sedunia memberikan pengingat bahwa buku merupakan jendela dunia. Buku harus dikenalkan pada anak sejak dini. Pendidikan karakter yang masih menjadi fokus tujuan pendidikan juga mulai diperkenalkan seiring anak mengenal buku.

Beragam jenis buku anak mungkin cukup membuat bingung orang tua mana yang dapat dikenalkan terlebih dulu. Inilah jenis buku anak yang dapat dijadikan referensi oleh orang tua sebagai acuan untuk pendidikan karakter di rumah.

BACA JUGA:

Buku Cerita Bergambar

Untuk anak yang telah dapat membaca buku cerita bergambar ini akan membantu mereka memahami cerita lebih baik lagi. Ilustrasi yang dibuat oleh penulis akan membuat anak memahami cerita sesuai keinginan dan tujuan penulis. Ilustrasi gambar pada buku membantu memvisualkan tulisan yang bentuknya kata sifat, misalnya.

Buku Partisipasi

Buku ini disukai oleh anak yang akan masuk level PAUD. Merupakan jenis buku yang mengajak anak untuk berpartisipasi aktif dan mengikuti perintah orang tua atau pengasuh. Jenis buku ini disukai karena ada instruksi seperti bertepuk tangan, menyentuh anggota badan atau menutup mata, misalnya.

Buku Konsep Berpola

Buku jenis ini  memberikan pengalaman pada anak unutk memahami ide, tema, dan hubungan. Buku konsep berpola ini memberikan contoh bergambar untuk beragam ide dan kata. Buku yang memiliki pola dan plot yang kuat akan membantu anak unutk membaca bersama orang tua atau pengasuhnya sambil memprediksi cerita yang akan muncul pada halaman berikutnya. Buku seperti ini akan membantu anak mengungkapkan ide dan harapannya.

Buku Prediksi

Buku prediksi membuat anak mengalami pengalaman baru yang menarik. Buku ini cirinya memiliki bahasa berpola, frasa berulang, dan alur cerita yang dapat diprediksi. Buku jenis ini dapat membantu anak prasekolah untuk mengantisipasi peristiwa apa yang akan terjadi berikutnya.

Mereka juga membantu anak untuk memahami bahasa dan bagaimana kalimat digabungkan menjadi cerita. Anak akan mendapatkan keterampilan penting sebelum dapat membaca dengan lancar melalui buku ini.

Buku Cerita Tanpa Kata

Sesuai namanya, buku ini merupakan jenis buku cerita bergambar tetapi tidak menggunakan kata-kata untuk menyampaikan isinya. Pembaca buku jenis ini diharapkan menafsirkan sendiri gambar yang ada dengan menggunakan kata yang sederhana sesuai tingkat anak-anak. Buku jenis ini akan membuat anak berani untuk mengungkapkan pendapatnya dan tidak memiliki rasa malu yang berlebihan.

Buku ini juga tepat untuk menggali bakat anak di bidang kepenulisan. Berdasarkan gambar yang ada di dalam buku, anak akan berlatih untuk mengungkapkan idenya tentang gambar tersebut melalui kata-kata.

Fabel dan Cerita Rakyat

Fabel dan cerita rakyat selalu sarat dengan pesan moral. Hal ini yang membuat buku jenis ini masih terus digemari untuk menyampaikan teladan baik. Penggunaan tokoh dalam cerita rakyat dan cara personifikasi tokoh dalam fabel akan membuat anak mudah ingat terhadap pesan moral yang ada.

Sajak Anak dan Puisi

Sajak anak membuat anak mudah mengingat pesan yang ingin disampaikan. Misalnya sajak tentang gajah, akan memberikan informasi kepada anak yang lebih visual. Anak yang belum pernah melihat gajah secara langsung jadi mendapat pengalaman baru melalui sajak dan puisi.

Buku Informasi

Buku informasi merupakan buku non-fiksi yang ditulis tentang topik tertentu. Topik yang ditulis dalam buku jenis ini adalah hal-hal yang disukai anak-anak, misalnya hewan, makanan, kendaraan, antariksa, tokoh dunia, dan lain-lain.

Delapan jenis buku anak tersebut di atas telah tersedia di banyak toko buku di setiap kota. Meskipun tidak dituliskan pada bagian halaman muka, dengan mengetahui ciri-cirinya, sebagaiĀ  orang dewasa, kita pasti dapat mengidentifikasi jenisnya. Yang pasti, untuk anak usia pra-sekolah, pilihlah jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*