Inilah Jenis Buku Anak untuk Referensi Pendidikan Karakter

Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tanggal 2 April yang diperingati sebagai Hari Buku Anak Sedunia memberikan pengingat bahwa buku merupakan jendela dunia. Buku harus dikenalkan pada anak sejak dini. Pendidikan karakter yang masih menjadi fokus tujuan pendidikan juga mulai diperkenalkan seiring anak mengenal buku.

Beragam jenis buku anak mungkin cukup membuat bingung orang tua mana yang dapat dikenalkan terlebih dulu. Inilah jenis buku anak yang dapat dijadikan referensi oleh orang tua sebagai acuan untuk pendidikan karakter di rumah.

BACA JUGA:

Buku Cerita Bergambar

Untuk anak yang telah dapat membaca buku cerita bergambar ini akan membantu mereka memahami cerita lebih baik lagi. Ilustrasi yang dibuat oleh penulis akan membuat anak memahami cerita sesuai keinginan dan tujuan penulis. Ilustrasi gambar pada buku membantu memvisualkan tulisan yang bentuknya kata sifat, misalnya.

Buku Partisipasi

Buku ini disukai oleh anak yang akan masuk level PAUD. Merupakan jenis buku yang mengajak anak untuk berpartisipasi aktif dan mengikuti perintah orang tua atau pengasuh. Jenis buku ini disukai karena ada instruksi seperti bertepuk tangan, menyentuh anggota badan atau menutup mata, misalnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*