Tidak Suka Pelajaran Fisika? Kamu Tidak Sendiri

rumus fisika, belajar fisika,
Belajar dan hafal rumus fisika diperlukan pemahaman konsep materinya. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sudah menjadi rahasia umum bila pelajaran eksak tidak banyak disukai pelajar sekolah menengah dan tingkat atas. Salah satunya adalah fisika.

Kita mengenal pelajaran fisika sejak duduk di bangku sekolah menengah. Sebenarnya pelajaran eksak satu ini bukan lagi pelajaran baru dan asing. Namun, mengapa masih ada saja pelajar yang tidak suka, ya?

Ups, bisa jadi kamu salah satunya, kan.

BACA JUGA:

3 alasan ini pelajar tidak menyukai pelajaran fisika berikut, mungkin saja salah satunya adalah alasanmu. Yuk, kulik alasan banyak pelajar di luar sana tidak menyukai pelajaran fisika.

Kemiripan Lambang

Alasan pertama pelajaran fisika tidak digemari adalah kemiripan lambang dalam rumus. Lambang huruf atau simbol yang dipakai dalam rumus kimia kerap membingungkan. Kebingungan awal terhadap lambang dan keterangan rumus ini yang menyebabkan kita kurang bisa menghafal rumus.

Ketika kita kesulitan menghafal rumus, hasilnya kita akan kesulitan mengerjakan soal yang seringnya tidak hanya membutuhkan satu rumus dalam penyelesaiannya. Temukan cara mudah untuk menghafal lambang atau simbol seperti jembatan keledai agar mudah memahami rumus.

Analisis yang Tinggi

Pelajaran eksak satu ini tidak seperti matematika. Pelajaran fisika membutuhkan nalar atau analisis yang tinggi. pelajaran ini tidak saja membutuhkan hafalan rumus. Misalnya bab dinamika gerak, inersia katrol, dan hukum Newton, ketiganya membutuhkan nalar untuk dapat dipahami dengan baik.

Cara melatih analisis awalnya adalah dengan memahami teorinya. Baca baik-baik dan berulang teorinya, kemudian sambil hafalkan rumus. Untuk mengaplikasikan keduanya, kamu dapat mencoba mengerjakan soal latihan yang dibuat dalam bentuk cerita.

Momok UNAS Fisika

Fisika dipakai sebagai salah satu standar kelulusan dalam UNAS (Ujian Nasional). Hal ini menjadi faktor penting penentu kecemasan dan kekhawatiranmu, bukan? Cemas dan khawatir itu manusiawi.

Cemas dan khawatir berlebih tentu tidak baik. Cara mengurangi kecemasan dan kekahwatiran saat menghadapi Ujian Nasional hanyalah dengan cara mempersiapkan diri dengan baik. Cara bersiap untuk menghadapi momok UNAS fisika adalah dengan rajin berlatih soal. Berlatih berbagai macam soal akan membuatmu siap menghadapi ujian apa pun.

Hayo, mana yang menjadi alasan terbesarmu untuk tidak menyukai fisika? Temukan segera alasannya, bila perlu diskusikan dengan guru atau wali kelas untuk mencari solusi terbaik. Pelajaran sekolah ada untuk tidak dibenci, melainkan disukai sepenuh hati. Ok?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*