Ternyata Ini Tip Sukses PTS Daring dari Para Ahli

tip sukses belajar, pts daring
Untuk sukses PTS daring diperlukan beberapa tip dan trik yang mudah dilakukan. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ dan PTS (Penilaian Tengah Semester) daring masih menjadi cara paling aman selama masa pandemi ini. Setelah satu tahun berlalu, belajar daring sudah bukan hal baru lagi. Belajar daring menuntut pelajar dan mahasiswa lebih mandiri dan aktif.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, prestasi belajar yang ditunjukkan dengan hasil ujian tengah semester atau ujian akhir semester bisa jadi belum memuaskan saat masa pandemi ini.

BACA JUGA:

Diperlukan tip dan trik agar tetap sukses meskipun ujian secara daring. Simak tip sukses PTS daring berikut!

Perhatikan Jadwal Ujian

Mengingat jadwal ujian merupakan kunci sukses pertama. Dengan mengetahui jadwal ujian, kamu bisa mengatur jadwal bealjar juga. Pelajaran yang  kurang dikuasai dapat diberikan porsi lebih saat persiapan. Pastikan menyiapkan materi ujian esok hari.

Untuk pelajaran eksak, kamu dapat menambah latihan soal. Sedangkan untuk pelajaran non-eksak, tip persiapannya dengan membaca lebih cermat hingga paham.

Bangun Tepat Waktu

Jangan sampai terlambat bangun di hari PTS daring berlangsung. Meskipun malam sebelum ujian kamu belajar hingga larut malam, tetapi tetap usahakan bangun lebih awal. Agar pagi hari sebelum ujian dimulai kamu tetap dapat belajar dan menyiapkan ujian dengan baik.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan ujian harus sudah siap satu hari sebelum ujian. Kertas dan pulpen untuk menghitung, misalnya. Laptop dan ponsel juga dipersiapkan chargernya.

Bila selama ini belajar menggunakan ponsel, pastikan ponselmu tidak lemot atau hang saat ujian berlangsung. Cara mudah untuk membuat ponsel bekerja baik adalah menghapus atau memindah data yang ada di dalamnya.

Tentukan Tempat

Tempat ujian merupakan faktor penting berikutnya. Pilihlah tempat yang tenang dan dapat membuatmu konsentrasi. Pastikan juga tempat yang telah kamu pilih memiliki koneksi internet yang stabil.

Baca Petunjuk Ujian dengan Baik

Setiap soal ujian memiliki petunjuk masing-masing. Petunjuk pengerjaan soal harus kamu perhatikan dengan cermat. Kita bisa saja mengerjakan soal dengan cara yang salah bila tidak membaca petunjuk pengerjaan soal dengan teliti.

Kerjakan Soal dengan Teliti

Setelah mendapatkan soal ujian dan membaca petunjuk soal, kerjakan soalmu dengan baik dan teliti. Seperti saat mengerjakan soal kala offline, pilihlah soal yang mudah terlebih dulu untuk dikerjakan.

Jangan Lupa Berdoa dan Menjaga Kesehatan

Berdoa merupakan hal yang penting dari semua usaha yang telah dilakukan di atas. Menyerahkan pada Sang Mahakuasa atas apa yang telah diusahakan sebelumnya adalah hal yang penting dalam kehidupan.

Menjaga kesehatan sebelum dan selama masa ujian juga hal yang sangat penting. Bagaimana pun, saat kesehatan terganggu, konsentrasi saat belajar juga dapat terganggu.

Tujuh tip sukses PTS daring tersebut di atas bila dilakukan dengan baik akan membawa pada kesuksesan dalam PTS yang akan segera digelar bulan ini. Sukses ya untuk PTS daring kamu!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*