Menko Muhadjir: Mahasiswa Harus Punya Kompetensi 4C, Apaan Tuh?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (KalderaNews.com/Ist.)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta mahasiswa menumbuhkan kompetensi 4C.

BACA JUGA:

Kompetensi 4C itu adalah Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Confidence. Menko Muhadjir menjelaskan, Critical Thinking atau berpikir kritis merupakan kompetensi yang harus dimiliki para akademisi, yang kemudian dilanjutkan dengan berpikir kreatif.

Communication merupakan keterampilan atau kemampuan berkomunikasi untuk berbicara dan menulis dengan modal kemampuan berbahasa Indonesia dan bahasa asing.

Colaboration yaitu kerja sama dalam belajar dan berlatih bersama-sama. Dan Confidence yaitu percaya diri dengan almamater dan kemampuan dirinya.

Hal itu diungkapkan Menko Muhadjir kala menghadiri pembukaan Student Day Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tahun angkatan 2020/2021. Menko Muhadjir adalah Ketua Pembina Harian UMM.

“Saya minta, Student Day ini didesain untuk mendorong terjadinya proses berpikir kritis dan kreatif, mampu berkomunikasi dengan baik, menjalin kerja sama dengan baik, dan menumbuhkan percaya diri berkuliah di UMM sebagai kampus Islam terbaik di dunia,” kata Menko Muhadjir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*