Matematika: Pelajaran Sangar Tanpa Hadiah Nobel

hadiah nobel, nobel matematika, nobel prize, penghargaan nobel
Ilustrasi: Matematika (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Matematika merupakan pelajaran yang kerap ditakuti oleh siswa dari berbagai tingkat pendidikan. Pelajaran ini dikenal sebagai pelajaran yang sulit. Kadang pengajarnya yang galak membuat pelajaran ini makin ditakuti.

Namun, tahun berapa kamu tahu bahwa ternyata Matematika tidak mendapatkan penghargaan bergengsi tahunan dari Alfred Nobel?

BACA JUGA:

Penghargaan Nobel yang merupakan ide dari penemu dinamit Alfred Nobel hanya diberikan pada bidang fisika, kimia, sastra, kedokteran atau fisiologi serta perdamaian. Penghargaan bidang ekonomi ditambahkan pada tahun 1969, sedangkan Matematika tidak. Ada apa gerangan?

Padahal, fisika dan kimia jelas-jelas dapat disebut sebagai bidang yang kental menggunakan matematika. Ada beberapa asumsi yang mendasari matematika tidak mendapatkan hadiah Nobel. Alfred Nobel saja lah yang tahu alasan pastinya.

Asumsi pertama adalah bahwa bisa saja Alfred Nobel berpikir bahwa matematika telah mendapat penghargaan dari Raja Swedia saat penghargaan ini diinisiasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*