Fakta Menarik Penyebab Hipospadia, Kelainan Genital yang Sedang Tren

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hipospadia merupakan gangguang genital yang terjadi sejak sebelum lahir. Kelainan ini adalah kelainan anatomi atau bentuk. Akhir-akhir ini, kelainan letak lubang kencing pada bayi laki-laki ini ramai diperbincangkan karena menyangkut dengan nama seorang atlet voli putri yang juga merupakan anggota TNI, Aprilio Perkasa Manganang.

Letak lubang kencing yang tidak normal ini akan membuat gangguan fungsi tentu saja. Jika tidak ditangani dengan baik, penderita hipospadia akan mengalami gangguan pembuangan air kecil bahkan gangguan berhubungan seksual saat dewasa kelak.

BACA JUGA:

Sebagai gangguan bawaan, hipospadia dikatakan terjadi karena adanya gangguan perkembangan saluran lubang kecing (uretra) dan kulup penis pada saat di dalam kandungan. Penyebab pasti kelainan ini belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, disebutkan ada beberapa faktor risiko pada ibu yang dapat diduga menjadi penyebab kelainan ini.

Faktor risiko pada ibu yang disinyalir dapat menjadi penyebab adalah bila ibu hamil pada usia di atas 35 tahun serta ibu menderita kegemukan atau obesitas dan diabetes saat hamil. Selain kedua faktor tersebut faktor lainnya adalah paparan pestisida atau polutan lain semasa hamil dikatakan dapat memicu adanya kelainan ini. Terapi hormonal yang dilakukan ibu untuk merangsang kehamilan juga memicu terjadinya gangguan ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*