Dosen UMM Kembangkan Desa Karangrejo Sebagai Desa Wisata Jamu

Universitas Muhammadiyah Malang UMM (KalderaNews/Ist)
Universitas Muhammadiyah Malang UMM (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

MALANG, KalderaNews.com – Desa Karangrejo, Kromengan, Kabupaten Malang, Jawa Timur menjadi desa wisata sentra jamu dengan berbagai jenis. Hal itu tidak terlepas dari sumbangsih tim Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) mereka mengembangkan desa ini menjadi Desa Wisata Jamu selama 2019-2021. Ketua tim Dosen UMM, Dra. Thathit Manon Andini, M.Hum menjelaskan, penentuan desa wisata berawal dari program Desa Potensial pada 2015. Kemudian terpilihlah Desa Karangrejo sebagai desa wisata.

BACA JUGA:

Thathit Manon dan beberapa dosen lainnya juga sempat memaparkan potensi pengembangan jamu dan pangan kreatif sebagai produk unggulan. Mereka menjelaskan kepada masyarakat agar Desa Karangrejo ditingkatkan menjadi desa wisata.

Dalam perjalanan waktu, desa wisata ini mengalami masalah, yaitu alat-alat yang digunakan masih tergolong tradisional. Hal itu membuat proses produksi menjadi cukup lama dan tak bisa menghasilkan produk melimpah, baik jamu maupun kripik yang menjadi salah satu produk unggulan. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*