5 Hal Ini Bisa Rusak Interior Mobil, Hand Sanitizer Salah Satunya

Ilustrasi Interior Mobil (KalderaNews.com/Hyundai)
Ilustrasi Interior dan dashboard mobil (KalderaNews.com/Hyundai)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Interior mobil merupakan salah satu bagian yang menentukan kenyamanan pengendaranya. Bahkan, tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam untuk mempercantik interior mobil kesayangannya.

Berbeda dengan bagian body luar, menjaga kualitas interior mobil perlu perawatan ekstra agar tidak mudah rusak dan selalu nyaman saat digunakan.

Sayangnya, beberapa hal atau kebiasaan berikut ini sering kali tidak disadari dapat merusak interior mobil Anda.

Apa saja? Simak rangkumannya berikut ini:

1. Jarang Membersihkan Interior Mobil

Meskipun terlihat kinclong bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan interior mobil. Agar tidak cepat rusak, sebaiknya bersihkan interior secara rutin untuk menghilangkan debu atau sisa remah makanan yang dapat menggores kulit jok.

Selain menjaga tampilannya tetap berkilau, rutin membersihkannya juga meminimalisir penumpukan debu yang berbahaya bagi pernapasan, terlebih jika jok mobil berbahan dasar kain.

BACA JUGA:

2. Makan dan Minum dalam Mobil

Mobilitas yang padat membuat banyak orang menjadikan mobil mereka sebagai rumah kedua. Banyak aktivitas dilakukan di dalamnya termasuk makan dan minum.

Namun, remah makanan atau minuman yang sering tumpah dapat merusak interior mobil. Apalagi jika makanan atau minuman mengandung asam, berkuah, dan berminyak.

Karena itu, rajinlah membersihkan bagian dalam mobil agar tidak merusak jok dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

3.Ceroboh Meletakkan Benda di Dalam Mobil

Meletakan benda-benda bersudut tajam dapat menggores bahkan merobek jok mobil Anda. Tidak hanya itu, barang yang terbuat dari viny dan plastik yang mengandung wax juga dapat merusak interior ketika menempel saat mobil dijemur di cuaca panas.

Untuk mencegah kerusakan sebaiknya alasi jok dengan kardus atau kain sebelum meletakan barang bersudut tajam atau mudah luntur.

4. Menjemur Mobil Terlalu Lama

Hati-hati, kebiasaan satu ini tanpa disadari dapat merusak interior mobil Anda. Saat memarkirkan mobil di tempat terbuka dengan cuaca panas, suhu kabin dapat meningkat dan lama-lama mampu membuat jok yang terbuat dari kulit mengelupas.

Jika sedang bepergian, usahakan parkir mobil di tempat yang teduh. Sementara, jika garasi rumah Anda tidak tertutup, selalu ingat untuk menutup mobil dengan pelindung khusus.

5. Menyemprotkan Hand Sanitizer

Di tengah pandemi, membersihkan benda-benda yang dapat menjadi media penyebaran virus memang penting. Namun, cairan antiseptik atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol dapat merusak lapisan jok yang berbahan kulit sintetis.

Karena itu untuk membersihkannya, pemilik kendaraan dapat menggunakan deterjen cair yang dicampur dengan air lalu simpan dalam botol spray.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*