Mengatapi Indonesia dengan Energi Surya

Sharing for Empowerment

Pemerintah jelas tidak bisa bekerja sendiri mewujudkan hal ini. Perlu ada kontribusi dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor energi terbarukan, sehingga masyarakat tertarik mengatapi gedung mereka dengan energi surya.

Pemerintah bisa menggandeng pihak swasta dalam hal ini perusahaan spesialis penyedia atap dan energi terbarukan. Skema seperti ini harusnya bisa menjadi pioneer dalam memasyarakatkan atap solar panel di Indonesia. Setiap masyarakat bisa memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pribadi, bahkan beserta atap gratis, dan tentu saja masyarakat mendapatkan akses clean energy seluas-luasnya dengan sistem tagihan sesuai dengan pemakaian.

Tentunya, biaya tagihan atap solar panel termasuk penghematan yang bisa mencapai 5-15% dari beban listrik biasanya. Ini juga akan mendorong suatu kebiasaan baru yang positif tentang tanggung jawab konsumsi energi yang selaras dengan salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Tidak boros dan tentu 100% ramah lingkungan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*