25 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Inspiratif dalam Bahasa Bali Dilengkapi Terjemahannya

Bali Handara Gate, sebuah gapura yang terdapat di kawasan Handara Golf & Resort Bali. Gapura tersebut terletak di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan kawasan wisata Bedugul dengan Singaraja Buleleng
Bali Handara Gate, sebuah gapura yang terdapat di kawasan Handara Golf & Resort Bali. Gapura tersebut terletak di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan kawasan wisata Bedugul dengan Singaraja Buleleng (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 jatuh pada Minggu, 14 Maret 2021. Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka yang jatuh pada tanggal pertama atau kesatu bulan ke-10 dalam kalender Hindu.

Nyepi mengandung dialog spiritual yang dilakukan umat Hindu agar kehidupan selalu harmonis. Tidak seperti perayaan yang lain, selama hari raya Nyepi, jalanan akan sepi, tak ada aktivitas yang dilakukan, bahkan bandara dan toko pun ikut tutup.

Ada rangkaian acara yang dilakukan umat Hindu untuk menyambut Nyepi, mulai dari melasti, tawur agung dan pangerupukan, nyepi hingga ngembak geni.

BACA JUGA:

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tak ada salahnya kita mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi untuk memberikan dukungan pada laku spiritual.

Namun karena selama nyepi tak aktivitas, termasuk menggunakan hape (smartphone), maka jangan heran kalau akan dijawab lama.

Di Indonesia mayoritas penganut agama Hindu berada di Pulau Bali. Setiap peringatan Hari Raya Nyepi listrik akan dipadamkan selama 24 jam. Penduduk Bali mematikan semua lampu, termasuk lalu lintas. Dengan kata lain, mereka meninggalkan semua aktivitas duniawi dalam keheningan dan bermeditasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*