Ramai Tentang Pertandingan Catur, Tahukah Kamu Asal Permainan Ini?

Sharing for Empowerment

Pada abab ke-10, umat Islam membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia, Spanyol, dan sejumlah negara-negara Eropa lainnya, seperti Belanda, Italia, Irlandia, dan Inggris.

Perlahan catur mengalami perkembangan. Dari nama, bentuk, serta peraturan permainannya. Kesemuanya itu mewakili simbol perubahan peradaban. Pada abad ke-15 peraturan dan teori catur mulai ditulis dalam sebuah buku yang bernama “Repeticion de amores y Arte de Ajedrez” yang ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena.

Catur masuk ke Indonesia dibawa Belanda. Pada abad ke-19, perkembangan catur di Indonesia mulai terlihat. Di beberapa kota besar di Indonesia mulai berdiri klub-klub catur seperti di Magelang, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Pada 1925 berdiri pertama kalinya Persatuan Catur Indonesia yang diberi nama Nederlansch Indische Shaakbond yang ada di Yogyakarta. Setelah merdeka, dunia percaturan Indonesia sudah mulai berkembang lagi. Hal ini juga semakin dikembangkan dengan dibentuknya Percasi atau Persatuan Catur Seluruh Indonesia yang didirikan pada tahun 1948.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*