Hari Dongeng Internasional 20 Maret, Inilah 7 Manfaat Dongeng untuk Anak Pra-Sekolah

Sharing for Empowerment

Menambah Perbendaharaan Kata

Dongeng membuat anak yang baru belajar bicara akan mengenali banyak kosakata baru. Kata-kata yang tidak dia mengerti tentu akan ia tanyakan artinya. Makin beragam cerita yang didongengkan akan makin banyak kosakata yang didapatkannya.

Membentuk Karakter Baik

Dongeng pasti mengandung pesan moral yang baik. Meskipun tokoh yang dibuat merupakan tokoh antagonis atau tokoh yang jahat, si pendongeng tetap dapat menyampaikan bahwa karakter atau sikat yang jahat tidak perlu diteladani oleh anak.

Membantu Anak Berkonsentrasi Lebih Baik

Menyimak dongeng sama dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berkonsentrasi lebih baik. Sambil berimajinasi saat mendengarkan dongeng dibawakan, anak akan berkonsentrasi lebih baik lagi.

Merangsang Rasa Ingin Tahu

Kisah yang dibawakan salam sebuah dongeng akan merangsang anak untuk bertanya. Pertanyaan mereka pasti didasari rasa ingin tahu. Misalnya pada dongeng Snow White, bisa saja anak akan bertanya mengapa Snow White makan apel, dan bukan makan jeruk atau pisang. Rasa ingin tahu pada anak ini baik, karena selain merangsang kecerdasan rasa ingin tahunya juga akan membuatnya berpikir kritis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*