20 Maret 2021, Seabad Usmar Ismail, Bapak Film Nasional

Sharing for Empowerment

Sineas Riri Riza mengatakan, rangkaian acara dimulai dengan Pameran Usmar Ismail Bukittinggi, yang akan menampilkan arsip foto dan timeline perjalanan karya Usmar ismail. Pameran ini dilangsungkan di sebuah kafe di Kota Bukittinggi, kota tempat Usmar Ismail lahir.

Lantas, ada pemutaran sejumlah film karya Usmar Ismail. Pemutaran akan berlangsung mulai 27 Maret hingga 4 April, dan menayangkan lima film pilihan, seperti Harimau Tjampa, Lewat Djam Malam, Tjambuk Api, Anak Perawan di Sarang Penyamun, dan Liburan Seniman. Film-film tersebut dapat disaksikan secara gratis via laman Kinosaurus Virtual Cinema.

Ada pula diskusi tentang karya, pemikiran, dan kehidupan Usmar Ismail yang digelar secara virtual mulai 20-30 Maret 2021.

Riri Riza mengatakan, yang dilakukan Usmar Ismail untuk dunia film sangat mengesankan. “Usmar memberi fondasi bagi industri film tanah air, serta memperlihatkan film dengan kualitas dunia di masanya,” kata Riri Riza.

“Usmar adalah seorang avant-garde, seorang yang sudah tercerahkan sebelum waktunya, dan sangat pantas untuk kita selalu rayakan,” tegas Riri Riza.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*