Inilah Trik Jitu Menjalin Kedekatan dengan Anak Meskipun Orang Tua Super Sibuk

Sharing for Empowerment

Playfulness merupakan tip pertama. Saat menjalin kedekatan dengan anak, orang tua atau pengasuh harus dalam kondisi yang enjoy dan menyenangkan. “Misalnya, bila orang tua ingin mengajak anak bermain setelah pulang kerja, setidaknya sudah mandi dan hilang penat. Jangan memaksakan diri saat baru sampai rumah dan membawa stres pekerjaan saat bermain dengan anak,” demikian penjelasan Ivana Prafitasari.

Trik kedua adalah acceptance. Menurut Ivana, orang tua dan pengasuh harus menerima alur permainan anak dan tidak terlalu mengintervensi apalagi sampai menghakimi anak.

Curiosity merupakan langkah ketiga. Yakni membangun rasa ingin tahu yang ditujukan pada anak. Hal ini akan membuka dialog dengan anak dan memancing anak bercerita serta mengungkapkan perasaannya.

Empati merupakan tip keempat yang juga penting. Saat berinteraksi dengan anak, orang tua harus fokus penuh dan mendengarkan apa yang disampaikan anak dengan perhatian optimal.

“Percaya diri, membina hubungan yang hangat, mengasihi dan peduli sesama, disiplin, serta pertumbuhan intelektual dan psikologis merupakan manfaat yang didapat apabila kelekatan atau attachment antara anak dan orang tua berjalan dengan baik,” papar Ivana yang menjelaskan bahwa kedekatan itu memang sangat penting bagi anak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*