Hari Dongeng Internasional, 7 Dongeng Populer Indonesia Ini Harus Dibanggakan

Sharing for Empowerment

Singkat cerita, perempuan itu dinikahi Toba yang bersumpah tidak akan mengungkit asal usul istrinya itu. Ternyata di perjalanannya, Toba sempat marah besar dan mengatai anaknya merupakan keturunan ikan. Si anak kemudian mengadukan amarah Toba tersebut pada ibunya yang membuat istri Toba tersebut bersedih.

Istri Toba kemudian menyuruh anaknya berlari ke atas bukit dan memanjat sebuah pohon. Saat dilihatnya anaknya telah hampir sampai di tempat tujuan, istri Toba melompat ke sungai dan berubah menjadi ikan yang sangat besar. Sungai itu menjadi besar karena hujan dan membentuk sebuah danau. Toba yang tidak bisa menyelamatkan diri akhirnya tenggelam di dalam danau tersebut.

Asal Mula Telaga Biru

Telaga Biru yang dimaksud berlokasi di Halmahera Utara. Telaga tersebut dipercaya sebagai kumpulan air mata Majojaru yang bersedih karena ditinggal kekasihnya Magohiduuru merantau ke negeri orang dan ternyata mengalami karam kapal dan tewas di tengah laut. Berita ini membuat Majojaru sangat sedih dan menangis berhari-hari hingga membentuk telaga. Warna biru yang didapat dipercaya merupakan warna mata Majojaru yang tenggelam di sana.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*