Hari Dongeng Internasional, 7 Dongeng Populer Indonesia Ini Harus Dibanggakan

Sharing for Empowerment

Legenda Batu Menangis

Mengisahkan tentang kedurhakaan anak perempuan yang cantik dan sangat dimanja ibunya. Anak manja tersebut tidak mau mengakui ibunya sebaliknya justru mengakui ibunya sebagai budak. Ibunya memperingatkan anak perempuannya itu tetapi dihiraukan. Akhir kisah, ibunya mengutuk anak tersebut menjadi batu. Saat menyadari badannya perlahan menjadi batu, anaknya mohon ampun tetapi terlambat.

Legenda dari Kalimantan ini hingga kini dikenal sebagai legenda batu menangis sebab saat berubah menjadi batu, orang-orang masih dapat melihat kedua matanya menitikkan air mata seperti sedang menangis.

Kisah Si Anak Durhaka Malin Kundang

Kisah anak yang durhaka ini sangat terkenal. Malin merupakan anak tunggal yang pulang merantau dan kemudian menjadi sombong. Ibunya mengutuknya menjadi batu. Hingga kini masih ada batu yang berbentuk seperti orang bersujud menyesal di Sumatera Barat.

Terbentuknya Danau Toba

Toba diambil dari sebuah nama petani rajin yang membawa pulang ikan hasil pancingan. Saat akan mengolah ikan tersebut ternyata dia kehabisan kayu bakar dan harus keluar mencari kayu bakar. Sekembalinya, tidak ia dapati ikannya, sebaliknya malah menemukan seorang perempuan yang sangat cantik di rumahnya. Perempuan tersebut mengaku penjelmaan ikan yang dipancingnya tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*