Inovasi Teh Telang Karya Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, Bangkitkan UMKM

Ilustrasi: Kampus Universitas Ahmad Dahlan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Kampus Universitas Ahmad Dahlan. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Bunga Telang menjadi salah satu tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain bunganya yang berwarna cantik, mengonsumsi bunga Telang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memanfaatkan bunga Telang yang banyak ditemui di Dusun Sirat, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta.

BACA JUGA:

Tanaman hias yang kaya manfaat itu diolah dengan berbagai teknik dan alat hingga menghasilkan bunga Telang yang berdampak ekonomis bagi masyarakat sekitar.

“Tanaman bunga telang yang diolah diharapkan mampu menjadi sarana peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Kami berharap Dusun Sirat dapat menjadi desa wisata bunga Telang dengan berbagai inovasinya,” tutur Hidayah Nuril Phasa, salah satu mahasiswi KKN dari UAD.

“Kami memberikan edukasi mengenai penanaman bunga Telang serta mengolah bunganya menjadi berbagai olahan, seperti teh bunga telang. Ada dua varian yaitu teh celup dan teh biasa dengan kemasan kekinian,” ujar Phasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*