Umat Hindu Akan Merayakan Nyepi, Begini Rangkaian Upacaranya

Sharing for Empowerment

Dalam ritual ini, biasanya umat Hindu akan membawa arca, pretima, dan barong menuju laut atau sumber air untuk memohon pembersihan.

Tawur Agung dan Pangerupukan

Tawur Agung atau Tawur Kesanga merupakan ritual sehari jelang perayaan Hari Suci Nyepi yang jatuh pada hari Tilem Sasih Sesanga. Tawur diartikan membayar atau mengembalikan sari-sari yang telah diisap atau digunakan oleh manusia.

Ritual Tawur Agung bertujuan menyucikan alam semesta dan meningkatkan hubungan serta keharmonisan antara sesama manusia, manusia dengan lingkungannya, serta manusia dengan Tuhan.

Ritual Tawur Agung diikuti upacara Pangerupukan, yaitu menyebar nasi tawur, menaruh obor di sekeliling rumah, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul kentongan.

Upacara ini juga biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh disertai berbagai suara keras, seperti petasan dan keplug-keplugan, yaitu bom atau meriam khas Bali.

Nyepi

Hari Raya Nyepi jatuh pada Penanggal Apisan Sasih Kedasa yang digelar selama 24 jam, dari matahari terbit pukul 06.00 pagi hingga pukul 06.00 pagi keesokan harinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*