Yuk Mengenal Sasando, Identitas Pulau Rote

Jeremias Ougust Pah, pemain Sasando
Jeremias Ougust Pah, pemain Sasando (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

ROTE, KalderaNews.com – Yapp kamu ga salah baca. Ga percaya, silahkan langsung ke Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Dijamin kamu akan terpesona dan bangga dengan kekayaan yang kita miliki.

Jika kamu berkunjung ke sana, maka kamu akan berjumpa dengan salah satu alat musik tradisional Indonesia. Dengan sistem permainan yang cukup rumit plus jumlah dawai yang lebih banyak. Sasando nama alat musik itu.

Mungkin masih asing di telinga para pembaca, tapi sasando adalah salah satu alat musik khas Indonesia dan asli Pulau Rote. So, dilarang keras bagi negara lain mengklaim bahwa itu adalah milik mereka yaa.

BACA JUGA:

Sasando juga sering disebut sasandu yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Alat musik ini terbuat dari bambu dan daun lontar yang berfungsi sebagai resonator.

Sasando dimainkan dengan cara dipetik menggunakan kedua tangan secara berlawanan. Tangan kanan berperan untuk memainkan chord, sedangkan tangan kiri berperan sebagai pengatur melodi dan bas.

Dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi untuk memainkan alat musik ini sobat ambyar. Karena itu, tidak mengherankan jika hanya segelintir orang yang bisa memainkan sasando.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*