8 Maret, Hari Perempuan Internasional, Begini Tema dan Sejarahnya

Ilustasi: Peringatan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD) tahun ini mengangkat tema #ChooseToChallenge. (KalderaNews.com/Dok.IWD)
Ilustasi: Peringatan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD) tahun ini mengangkat tema #ChooseToChallenge. (KalderaNews.com/Dok.IWD)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebentar lagi, perempuan dari seluruh penjuru dunia akan merayakan Hari Perempuan Sedunia alias International Women’s Day (IWD), 8 Maret 2021. Tahun ini IWD mengangkat tema #ChooseToChallenge.

Melansir laman resmi IWD, tema ini diangkat dengan alasan, perempuan dapat memilih untuk menyuarakan bias dan ketidaksetaraan gender. Pose mengangkat satu tangan tinggi-tinggi menjadi simbol komitmen perempuan menantang setiap bentuk ketidaksetaraan, bias gender, dan membantu membentuk dunia yang inklusif.

BACA JUGA:

Sejarah International Women’s Day

Hari Perempuan Internasional berawal dari tahun 1900-an ketika masa ekspansi besar-besaran dalam dunia industri, terjadi kerusuhan berbasis gender, dan perdebatan peran perempuan. Beragam bentuk kekerasan terhadap perempuan memicu aneka perlawanan dan suara untuk perubahan.

Sekira tahun 1908, 15 ribu perempuan di New York, Amerika Serikat menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang baik, dan hak suara. Pada 1909 sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional di Amerika pertama kali dirayakan pada 28 Februari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*